News
.:News
REBUTAN MUATAN: INSA Siap Tengahi Kapal Ro-Ro & Kontainer
09- November - 2012

Dewan Pimpinan Pusat Indonesia National Shippowners' Association akan membantu penyelesaian kemelut angkutan kapal Ro-ro dan kontainer.


JAKARTA: Dewan Pimpinan Pusat Indonesia National Shippowners' Association akan membantu penyelesaian kemelut angkutan kapal Ro-ro dan kontainer.
Ketua DPP Indonesia National Shippowners' Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan sebagai pengurus pusat, pengusaha kapal Ro-ro dan kapal kontainer merupakan anggotanya dan perlu untuk diselesaikan secara bersama.
"Mungkin selama ini ada perbedaan pengertian diantara sesama anggota kami. Untuk itu, kami akan mengatasinya bersama," kata Carmelita kepada Bisnis, Kamis (8/11/2012).
Dia menambahkan pihaknya akan mengupayakan penyelesaian yang dapat mengakomodasi kepentingan kedua pihak.
Bahkan kalau perlu, akan mendorong perlakuan yang sama dari pemerintah untuk pengusaha kapal Ro-ro dan kapal kontainer.
"Kalau memang perlu, kami akan upayakan agar kapal kontainer juga diberi subsidi bahan bakar, sama seperti kapal Ro-ro," ucap Carmelita.
Menurutnya, perbedaan pendapat mengenai muatan kapal antara anggotanya tak perlu terjadi karena sama-sama melayani angkutan laut untuk masyarakat Indonesia.
Seharusnya sesama pengusaha kapal bahu membahu meningkatkan pelayanan demi menghadapi tantangan yang lebih besar, yakni Asean Community yang berlaku mulai 2015.
"Nantinya wilayah laut kita bebas dimasuki kapal-kapal asing dari negara-negara Asean. Disitulah tantangan dan persaingan yang lebih berat," ujarnya. (ra)

- Berliana Elisabeth(bisnis.com) 

Back

Other news: