News
.:News
DPR Dukung Perbaikan Pelayanan Transportasi Laut
27- February - 2013

DPR mendukung rencanaKementerian Perhubungan(Kemhub) pada tahun ini akanmengoperasikan 18 kapal yangterdiri atas 14 kapal roll on roll off (ro-ro) dan empat unit kapal perintisdalam upaya untuk memperbaikipelayanan transportasi laut.
“Saya sangat mengapresiasi rencanaKemhub menambah armada 14kapal Roro dan empat unit kapalperintis tahun ini.” Ujar Anggota Komisi V DPR RI Mohammad Syahfan BadriSampurno, di sela-sela sidang paripurna DPR RI, Selasa, (26/2).

 Terkait dengan infrastruktur perhubungan laut, Syahfan mengatakan, masihbelum optimal, karena masih minimnya armada kapal. Selain itu, Syahfan jugamenyoroti seringnya terjadi antrian panjang berkilo-kilo meter truk-trukpengangkut barang seperti pada penyebrangan antara pelabuhan Merak-Bakauheni. Secara jelas, sangat merugikan berbagai pihak baik pengusahaangkutan maupun pemerintah.

“Selama ini, saya menilai kurangnya armada kapal menjadi faktor pemicu seringterjadinya antrian panjang truk-truk seperti di pelabuhan Merak-Bakauheni,”ujar Wakil Ketua BURT ini. 
Selain itu, Syahfan juga sepakat dengan upaya pemerintah memperbaikikonektivitas logistik nasional dalam menekan tingginya ongkos transportasi.Sehingga dapat menyamakan standar harga logistik antara kawasan Indonesiabagian barat dan Indonesia bagian Timur.
Sebagaimana kita perhatikan selama ini akibat biaya ongkos transportasi lautyang tinggi. Mengakibatkan harga-harga logistik sangat mahal di kawasanIndonesia Timur.  “Saya setuju dengan upaya pemerintah memperbaikikonektivitas logistik nasional guna menekan tingginya ongkos transportasikhususnya di kawasan Indonesia Timur, (si)

Back

Other news: