News
.:News
Sinergi BUMN, Serahterima KMP Port Link III dari PT PANN Kepada PT ASDP
20- December - 2012

Pada hari Kamis, 13 Desember 2012 bertempat di Mokpo, Korea Selatan, telah dilaksanakan proses serah terima 1 (satu) unit kapal motor penumpang (KMP) Port Link III dari PT PANN (Persero) kepada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Perwakilan dari kedua BUMN yang hadir pada acara serah terima tersebut adalah F.X. Koeswoyo (PT PANN), Arif Wahyudi, Poltak, dan Reno Yulianto (PT ASDP). Serah terima tersebut turut disaksikan oleh Direktur Utama PT ASDP Danang S. Baskoro, Direktur Teknik PT ASDP Sirajuddin M. Saini, dan Komisaris PT ASDP Sulaiman AB.


KMP Port Link III adalah kapal motor penumpang ketiga yang telah diserahkan PT PANN kepada PT ASDP yang pengadaannya dilakukan melalui sinergi antara kedua BUMN tersebut. Sebelumnya telah diserahkan juga kapal motor penumpang lainnya yaitu KMP Port Link di Belfast, Irlandia Utara dan KMP Port Link II di Mokpo, Korea Selatan.


Dalam sinergi BUMN ini PT PANN dipercaya membiayai pengadaan kapal-kapal PT ASDP. Sesuai sinergi tersebut masih ada 7 (tujuh) kapal penumpang lainnya yang akan dibiayai PT PANN.


KMP Port Link III yang merupakan tipe kapal ro-ro, berbobot mati (deadweight tonnage) 4000 Ton, dan berukuran PxLxT 150,88 x 25,01 x 13,31 meter, rencananya akan dioperasikan untuk melayani penyeberangan Merak – Bakauheuni. Kapal ini mampu mengangkut ±1000 orang penumpang dan ±155 mobil dan truk. Ini menjadikan KMP Port Link III menjadi kapal motor penumpang terbesar dibanding dua kapal sebelumnya dalam sinergi tersebut. Kapal ini beserta kapal motor penumpang lain yang telah dan akan diserahkan PT PANN kepada PT ASDP akan menambah armada kapal penyeberangan PT ASDP untuk meningkatkan pelayanan penyeberangan penumpang antar pulau di beberapa daerah di dalam negeri.
 

Back

Other news: